makalah analisa dan riset pasar
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur saya
panjatkan kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat-Nya saya dapat membuat dan
menyelesaikan tugas Mata Pelajaran Analisa Dan Riset Pasar dalam waktu yang
tepat dan dalam keadaan yang baik.
Tugas Analisa Dan Riset
Pasar membahas tentang pengetahuan serta keterampilan materi Analisa Dan Riset
Pasar
Makalah ini saya buat
untuk memenuhi salah satu tugas Mata Pelajaran Analisa Dan Riser Pasar, semoga
Makalah ini dapat berguna dan bermanfaat serta dapat menjadikan sebuah
insprirasi bagi kita semua.
Saya sangat menerima
kritikan dan saran yang dapat memberi
saya pelajaran untuk kedepan nya menjadi lebih baik dalam pembuatan Tugas yang
lainnya.
Mataram,31 maret 2014
Syifaul
Qolbi
Daftar isi
Kata Penghantar……………………………………………………………………………………………...................
Daftar isi………………………………………………………….………………………………………………
BAB I
Pendahuluan ……………………………..……………..………………………………………….............
1.1.
LatarBelakang ……………………………………………...………………………………………….......
1.2.
RumusanMasalah ……………………………………..…………………………………………….....…
1.3.
Tujuan …………………………………………………………….……………………………………….....…
BAB II
1. Pengertian
analisa dan riset pasar..........................................................................................................................................
2. Tujuan analisa dan riset pasar.............................................................................................................................................
3. Permasalahan di dalam ruang lingkup analisa
dan riset pasar.............................................................................................................................................
4. Keuntungan melakukan analisa dan riset
pasar.............................................................................................................................................
5. Faktor yang mempengaruhi tingkat konsumsi
dalam pembelian
barang.........................................................................................................................................
6. Perencanaan
riset pasar.............................................................................................................................................
BAB III
a) Kesimpulan
.................................................................................................................
b)
Saran............................................................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan
sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja
untuk orang-orang dengan imbalan uang. Barang dan jasa yang dijual menggunakan
alat pembayaran yang sah seperti uang fiat. Kegiatan ini merupakan bagian dari
perekonomian. Ini adalah pengaturan yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk
item pertukaran. Persaingan sangat penting dalam pasar, dan memisahkan pasar
dari perdagangan. Dua orang mungkin melakukan perdagangan, tetapi dibutuhkan
setidaknya tiga orang untuk memiliki pasar, sehingga ada persaingan pada
setidaknya satu dari dua belah pihak. Pasar bervariasi dalam ukuran, jangkauan,
skala geografis, lokasi jenis dan berbagai komunitas manusia, serta jenis
barang dan jasa yang diperdagangkan.
Pasar tradisional merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli serta
ditandai dengan adanya transaksi penjual pembeli secara langsung dan biasanya
ada proses tawar-menawar, bangunan biasanya terdiri dari kios-kios atau gerai,
los dan dasaran terbuka yang dibuka oleh penjual maupun suatu pengelola pasar.
Kebanyakan menjual kebutuhan sehari-hari seperti bahan-bahan makanan berupa
ikan, buah, sayur-sayuran, telur, daging, kain, pakaian barang elektronik, jasa
dan lain-lain. Selain itu, ada pula yang menjual kue-kue dan barang-barang
lainnya. Pasar seperti ini masih banyak ditemukan di Indonesia, dan umumnya
terletak dekat kawasan perumahan agar memudahkan pembeli untuk mencapai pasar.
1.2 Rumusan Masalah
a. bagaimanakah cara
melakukan analisa dan riset pasar?
b. apakah tujuan
analisa dan riset pasar?
1.3 Tujuan
Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui :
1.
Untuk mengetahui apa itu analisa dan riset pemasaran
2.
Untuk lebih mendalami cara melakukan analisa dan riset
pasar
BAB II
Pembahasan Materi
1. Pengertian analisa dan riset pasar
ANALISA dan RISET PASAR
Analisis pasar adalah suatu penganalisasisan atau
penyelenggaran untuk mempelajari berbagai masalah pasar. Analisis pasar akan
menyangkut lokasi pasar, luasnya pasar, sifatnya pasar dan karakteristik pasar.
Keberhasilan usaha perusahaan dapat ditentukan oleh ketepatan strategi
pemasaran yang di terapkannya dengan dasar memeperhatikan situasi dan kondisi
dari analisis pasarnya. Di dalam mengnalisis pasar, perusahaan perlu meninjau
jenis pasar produknya, motif dan perilaku, segmen pasar dan penentu
sasaran pasarnya. Masalah yang perlu dianalisis di dalam pasar adalah besarnya
pasar, ruang lingkup pasar, struktur pasar, share pasar, serta peluang-peluang
pasar. Megenai besarnya pasar dapat di tentukan oleh besarnya permintaan dan
penawaran terhadap barang atau jasa yang di butuhkan para konsumen. Sedangkan
mengenai ruang lingkup pasar, biasanya mencakup luasnya pasar, misalnya luas
pasar menurut geografis, pendidikan para konsumen, profesi para konsumen,
tingkat umur para konsumen, dan lain sebagainya.
Analisa riset pasar adalah suatu rancangan,
pengumpulan, analisis da pelaporan data dan temuan secara sistematis, yang
relevan dengan situasi pemasaran tertentu (jenis-jenis pasar) yang dihadapi
para pemasar atau perusahaan dengan menyajikan data hasil riset dengan maksud
untuk dasar pengambilan keputusan pemasaran.
Struktur pasar adalah susunan suatu kekuatan yang
terdapat pada penjual, maupun pada pihak pembeli sendiri. Di dalam analisis
pasar selalu menyangkut masalah letak (lokasi) pasar, periklanan, luasnya
pasar, sifat-sifat pasar, dan karakteristik pasar.
Untuk mengenal pasar, kita perlu mengetahui
jenis-jenis pasar terlebih dahulu, atara lain:
A. KLASIFIKASI PASAR
1. pasar tradisional merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli serta
ditandai dengan adanya transaksi penjual pembeli secara langsung dan biasanya
ada proses tawar-menawar, bangunan biasanya terdiri dari kios-kios atau gerai,
los dan dasaran terbuka yang dibuka oleh penjual maupun suatu pengelola pasar.
Kebanyakan menjual kebutuhan sehari-hari seperti bahan-bahan makanan berupa
ikan, buah, sayur-sayuran, telur, daging, kain, pakaian barang elektronik, jasa
dan lain-lain. Selain itu, ada pula yang menjual kue-kue dan barang-barang
lainnya. Pasar seperti ini masih banyak ditemukan di Indonesia, dan umumnya
terletak dekat kawasan perumahan agar memudahkan pembeli untuk mencapai pasar.
2. Pasar modern
Pasar modern
tidak banyak berbeda dari pasar tradisional, namun pasar jenis ini penjual dan
pembeli tidak bertransakasi secara langsung melainkan pembeli melihat label
harga yang tercantum dalam barang (barcode), berada dalam bangunan dan
pelayanannya dilakukan secara mandiri (swalayan) atau dilayani oleh pramuniaga.
Barang-barang yang dijual, selain bahan makanan makanan seperti; buah, sayuran,
daging; sebagian besar barang lainnya yang dijual adalah barang yang dapat
bertahan lama. Contoh dari pasar modern adalah hypermart, pasar swalayan
(supermarket), dan minimarket.
B.Pasar Menurut Luas Jangkauan
a) Pasar Daerah
Pasar Daerah
membeli dan menjual produk dalam satu daerah produk itu dihasilkan. Bisa juga
dikatakan pasar daerah melayani permintaan dan penawaran dalam satu daerah.
b) Pasar Lokal
Pasar lokal
adalah pasar yang membeli dan menjual produk dalam satu kota tempat produk itu
dihasilkan. Bisa juga dikatakan pasar lokal melayani permintaan dan penawaran
dalam satu kota.
c) Pasar Nasional
Pasar nasional
adalah pasar yang membeli dan menjual produk dalam satu negara tempat produk
itu dihasilkan. Bisa juga dikatakan pasar nasional melayani permintaan dan
penjualan dari dalam negeri.
d) Pasar Internasional
Pasar
internasional adalah pasar yang membeli dan menjual produk dari beberapa
negara. Bisa juga dikatakan luas jangkauannya di seluruh dunia.
C. Pasar Menurut Wujud
a)Pasar Konkret
Pasar Konkret adalah tempat pertemuan antara penjual dan pembeli yang
dilakukan secara langsung. Misalnya ada los-los, toko-toko dan lain-lain. Di
pasar konkret, produk yang dijual dan dibeli juga dapat dilihat dengan kasat
mata.
b)Pasar Abstrak
Pasar Abstrak
adalah pasar yang lokasinya tidak dapat dilihat dengan kasat mata.konsumen dan
produsen tidak bertemu secara langsung.
Barang yang diperjual n tidak dapat dilihat dengan kasat mata, tapi pada
umumnya melalui brosur, rekomendasi dan lain-lain.
D.Pasar Menurut Waktu Penyelenggaraan
a)Pasar Harian
Pasar harian
adalah pasar yang kegiatan jual belinya dilakukan tiap hari. Pasar harian ini
umumnya terdapat di desa dan kota.
b)Pasar Mingguan
Pasar mingguan
adalah pasar yang kegiatan jual belinya hanya satu kali dalam seminggu. Pasar
mingguan ini terdapat di daerah-daerah pedesaan.
c)Pasar Bulanan
Pasar bulanan
adalah pasar yang kegiatan jual belinya dilakukan setiap sebulan sekali.
E. Pasar
menurut organisasi
a)pasar
persaingan sempurna
b)pasar
persaingan tidak sempurna
c)pasar
monompoli dan monopsoni
d)pasar
persaingan monopolistis
e)pasar
oligopoli dan oligopsoni
F. pasar
menurut barang yang dijual belikan
a)pasar barang
konsumsi
b)pasar barang
produksi
2. Tujuan analisa
dan riset pasar:
Tujuan analisis pasar , yaitu :
1) Mengenal lingkungan pasar,
2) Mengenal tipe-tipe pasar,
3) Mengetahui karakteristik pasar,
4) Menentukan keputusan yang tepat,
5) Menghadapi para pesaing,
6) Melaksanakan kebijakan dalam
pemasaran,
7) Membuat program dalam bidang
pemasaran, dan
8) Mengenal ciri-ciri pasar.
3. Permasalahan
di dalam ruang lingkup analisa dan riset pasar
Adapun permasalahan di dalam ruang lingkup analisis
pasar antara lain, yaitu :
• Barang dan jasa yang di
pasarkan
Barang-barang dan jasa yang di produksi oleh
perusahaan, berdasarkan analisis pasar yaitu:
a. jenis dan sifat barang,
b. kuantitas dan kualitas barang,
c. warna dan ukuran barang,
d. desain dan model barang,
e. merek dan harga barang,
f. barang-barang industri dan
konsumsi.
• Tujuan analisis
Tujuan mengadakan analisis pasar adalah ingin
mengetahui siapa-siapa yang memakai, menggunakan barang dan jasa, apakah barang
tersebut untuk di konsumsi sendiri atau di jual kembali.
• Letak pasar, sifat dan
karakteristik pasar
Seorang manajer pemasaran harus mengetahui tentang
letak pasar, berikut sifat dan karakteristik yang akan di tuju. Dalam hal
ini, agar manajer memudahkan melaksanakan target market, market strategi dan
segmentasi pasar.
• Organisasi pembelian
Seorang manajer pemasaran harus mengetahui siapa yang
membeli barang, siapa yang menggunakan barang, siapa yang paling berpengaruh di
dalam pembelian barang dan lain sebagainya.
• Kegiatan pembelian
Di dalam kegiatan pembelian, meliputi dari saiap
pembelian barang di lakukan, di mana pembelian barang di lakukan, bilamana
pembelian barang di lakukan, berapa harganya baranga, berapa banyaknya barang
yang di beli, bagaiman persyaratan di dalamn pembelian barang, dan bagaimana
cara pembeliannya.
• Perkembangan pembelian
Di dalm analisis pasar, perusahaan harus mengetahui
bagaimana perkembangan harganya barang, bagaimana persedianya barang, bagaimana
keadaan persainganya, bagaimana keadaan permintaan dan penawarannya.
• Saingan perusahaan
Di dalam analisis pasar, perusahaan harus mengetahui
keadaan persainganya, apakah ada melakukan tindakanb mengejutkan atau adakah
saingan yang tidak sehat.Pada kenyataanya jika hasil produk tidak sesuai dengan
keinginan dan kebutuhan para konsumen, berarti perusahaan yang bersangkutan mengalami
kegagalan di dalam usahanya. Barang-barang yang di hasilakn oleh perusahaan,
bermanfaat dan berfungsi tidaknya di tentukan dan dim putuskan oleh para
konsumen atau para pembeli. Berhasil tidaknya barang yang di buat oleh
perusahaan, di tentukan oleh penilaian para konsumen atau para pembeli yang
memebutuhkannya.
Suatu barang betapapun bermanfaat atau berguna, ada
kemungkinan tidak akan di beli jika barang tersebut tifak di kenal oleh para
konsumen. Oleh Karena itu perusahaan harus cepat mempromosikan barang-barang
yang di buatnya agar dapat mempengaruhi para konsumen, serta agar dapat
menciptakan permintaan. Berdasarkan analisis mrnggiatkan penjualan barang, cara
terbaik memperkenalkan barang-barang yang di buat oleh perusahaan adalah
melalui jalur promosi dan pelaksanaanya di mulai melalui pemasangan iklan,
pemasangan iklan dapat di lakukan melalui surat kabar, majalah, TV, radio,
pamerandan lain sebagainya. Dengan menggiatkan penbjualan barang melalui
promosi, di harapkan perusahaan yang bersangkutan dapat meningkatkan penjualan
harganya, serta dapat meningkatkan omzet penjualanya.
4. Keuntungan
melakukan analisa dan riset pasar
Keuntungan perusahaan melaksanakan analisis di dalam
rangka menggiatkan penjualan barang-barangnya adalah sebagai berikut :
Perusahaan akan dapat meningkatkan omzet penjualan barangnya.
Perusahaan akan memperoleh keuntungan yang di harapkanya.
Perusahaan dapat meningkatkan produksinya.
Efisiensi modal perusahaan dapat di tingkatkan.
Piutang-piutang perusahaan waktunya dapat di perpendek.
Barang-barang perusahaan yang bersangkutan akan menjadi terkenal.
Hasil produksi perusahaan yang bersangkutan sangat di gemari konsumen.
Perusahaan akan mempertahankan kelangsungan hidupnya.
Tingkat frekuensi para konsumen atau para pembeli di dalam membeli suatu
barang di tandai dengan sering tidaknya membeli barang dan tergantung kepada
tingkat konsumsinya barang tersebut.
5. Faktor yang
mempengaruhi tingkat konsumsi dalam pembelian barang
faktor-faktor yang dapat mempengaruhi tingkat konsumsi dalam pembelian
barang-barang adalah :
Faktor umur konsumen,
Faktor pendidikan konsumen,
Faktor selera konsumen,
Faktor pendapatan konsumen,
Faktor agama konsumen,
Faktor budaya konsumen,
Faktor banyaknya keluarga,
6. Perencanaan Riset Pasar
Perencanaan
riset pasar bertujuan untuk mendapatkan data atau informasi yang diperoleh
dapat menghasilkan informasi yang sangat berguna bagi perusahaan untuk
mendapatkan keuntungan. Data atau informasi diharapkan mendapatkan data yang
faktual, aktual, cermat, berguna dan tepat sasaran.
Enam
(6) tahapan dari perencanaan riset pasar tyang harus dilalui oleh para periset
adalah:
1. Merumuskan masalah dan tujuan dari riset pasar
2. Menyusun rencana biaya riset
3. Mengumpulkan informasi
a) Data primer
b) Data sekunder
4. Menganalisis informasi
5. Menyajikan hasil riset
6. Megambil keputusan
BAB III
a) Kesimpulan
Analisa riset pasar
adalah suatu rancangan, pengumpulan, analisis da pelaporan data dan temuan
secara sistematis, yang relevan dengan situasi pemasaran tertentu (jenis-jenis
pasar) yang dihadapi para pemasar atau perusahaan dengan menyajikan data hasil
riset dengan maksud untuk dasar pengambilan keputusan pemasaran. Analisa dan
riset pasar sangat diperlukan oleh para pengusaha di bidang marketing.
b) Saran
Sebaiknya
saat melakukan analisa dan riset pasar, kita terlebih dahulu menentukan tema
apa yang akan kita ambil.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar