Rabu, 08 April 2015

makalah analisa dan riset pasar

KATA PENGANTAR

 

             Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat-Nya saya dapat membuat dan menyelesaikan tugas Mata Pelajaran Analisa Dan Riset Pasar dalam waktu yang tepat dan dalam keadaan yang baik.

            Tugas Analisa Dan Riset Pasar membahas tentang pengetahuan serta keterampilan materi Analisa Dan Riset Pasar

            Makalah ini saya buat untuk memenuhi salah satu tugas Mata Pelajaran Analisa Dan Riser Pasar, semoga Makalah ini dapat berguna dan bermanfaat serta dapat menjadikan sebuah insprirasi bagi kita semua.

            Saya sangat menerima kritikan dan saran yang  dapat memberi saya pelajaran untuk kedepan nya menjadi lebih baik dalam pembuatan Tugas yang lainnya.

           

 

 

 

 

 

 

Mataram,31 maret 2014

 

 

                                                                                                                Syifaul Qolbi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Daftar isi

Kata Penghantar……………………………………………………………………………………………................... 

Daftar isi………………………………………………………….………………………………………………

BAB I

Pendahuluan ……………………………..……………..………………………………………….............

1.1.   LatarBelakang ……………………………………………...………………………………………….......

1.2.   RumusanMasalah ……………………………………..…………………………………………….....…

1.3.   Tujuan …………………………………………………………….……………………………………….....…

 

 

BAB II

 

1.       Pengertian analisa dan riset pasar..........................................................................................................................................

2.      Tujuan analisa dan riset pasar.............................................................................................................................................

3.      Permasalahan di dalam ruang lingkup analisa dan riset pasar.............................................................................................................................................

4.      Keuntungan melakukan analisa dan riset pasar.............................................................................................................................................

5.      Faktor yang mempengaruhi tingkat konsumsi dalam pembelian barang.........................................................................................................................................

6.      Perencanaan riset pasar.............................................................................................................................................

 

BAB III

a)      Kesimpulan .................................................................................................................

b)      Saran............................................................................................................................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

1.1   Latar Belakang

Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Barang dan jasa yang dijual menggunakan alat pembayaran yang sah seperti uang fiat. Kegiatan ini merupakan bagian dari perekonomian. Ini adalah pengaturan yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk item pertukaran. Persaingan sangat penting dalam pasar, dan memisahkan pasar dari perdagangan. Dua orang mungkin melakukan perdagangan, tetapi dibutuhkan setidaknya tiga orang untuk memiliki pasar, sehingga ada persaingan pada setidaknya satu dari dua belah pihak. Pasar bervariasi dalam ukuran, jangkauan, skala geografis, lokasi jenis dan berbagai komunitas manusia, serta jenis barang dan jasa yang diperdagangkan.

Pasar tradisional merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli serta ditandai dengan adanya transaksi penjual pembeli secara langsung dan biasanya ada proses tawar-menawar, bangunan biasanya terdiri dari kios-kios atau gerai, los dan dasaran terbuka yang dibuka oleh penjual maupun suatu pengelola pasar. Kebanyakan menjual kebutuhan sehari-hari seperti bahan-bahan makanan berupa ikan, buah, sayur-sayuran, telur, daging, kain, pakaian barang elektronik, jasa dan lain-lain. Selain itu, ada pula yang menjual kue-kue dan barang-barang lainnya. Pasar seperti ini masih banyak ditemukan di Indonesia, dan umumnya terletak dekat kawasan perumahan agar memudahkan pembeli untuk mencapai pasar.

 

1.2   Rumusan Masalah

a. bagaimanakah cara melakukan analisa dan riset pasar?

b. apakah tujuan analisa dan riset pasar?

 

1.3   Tujuan

Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui :

1.      Untuk mengetahui apa itu analisa dan riset pemasaran

2.      Untuk lebih mendalami cara melakukan analisa dan riset pasar

 

BAB II

Pembahasan Materi

1.      Pengertian analisa dan riset pasar

ANALISA dan RISET PASAR

 

Analisis pasar adalah suatu penganalisasisan atau penyelenggaran untuk mempelajari berbagai masalah pasar. Analisis pasar akan menyangkut lokasi pasar, luasnya pasar, sifatnya pasar dan karakteristik pasar. Keberhasilan usaha perusahaan dapat ditentukan oleh ketepatan strategi pemasaran yang di terapkannya dengan dasar memeperhatikan situasi dan kondisi dari analisis pasarnya. Di dalam mengnalisis pasar, perusahaan perlu meninjau jenis pasar produknya, motif dan perilaku, segmen pasar  dan penentu sasaran pasarnya. Masalah yang perlu dianalisis di dalam pasar adalah besarnya pasar, ruang lingkup pasar, struktur pasar, share pasar, serta peluang-peluang pasar. Megenai besarnya pasar dapat di tentukan oleh besarnya permintaan dan penawaran terhadap barang atau jasa yang di butuhkan para konsumen. Sedangkan mengenai ruang lingkup pasar, biasanya mencakup luasnya pasar, misalnya luas pasar menurut geografis, pendidikan para konsumen, profesi para konsumen, tingkat umur para konsumen, dan lain sebagainya.

Analisa riset pasar adalah suatu rancangan, pengumpulan, analisis da pelaporan data dan temuan secara sistematis, yang relevan dengan situasi pemasaran tertentu (jenis-jenis pasar) yang dihadapi para pemasar atau perusahaan dengan menyajikan data hasil riset dengan maksud untuk dasar pengambilan keputusan pemasaran.

Struktur pasar adalah susunan suatu kekuatan yang terdapat pada penjual, maupun pada pihak pembeli sendiri. Di dalam analisis pasar selalu menyangkut masalah letak (lokasi) pasar, periklanan, luasnya pasar, sifat-sifat pasar, dan karakteristik pasar.

Untuk mengenal pasar, kita perlu mengetahui jenis-jenis pasar terlebih dahulu, atara lain:

 

A. KLASIFIKASI PASAR

1. pasar tradisional merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli serta ditandai dengan adanya transaksi penjual pembeli secara langsung dan biasanya ada proses tawar-menawar, bangunan biasanya terdiri dari kios-kios atau gerai, los dan dasaran terbuka yang dibuka oleh penjual maupun suatu pengelola pasar. Kebanyakan menjual kebutuhan sehari-hari seperti bahan-bahan makanan berupa ikan, buah, sayur-sayuran, telur, daging, kain, pakaian barang elektronik, jasa dan lain-lain. Selain itu, ada pula yang menjual kue-kue dan barang-barang lainnya. Pasar seperti ini masih banyak ditemukan di Indonesia, dan umumnya terletak dekat kawasan perumahan agar memudahkan pembeli untuk mencapai pasar.

2. Pasar modern            

Pasar modern tidak banyak berbeda dari pasar tradisional, namun pasar jenis ini penjual dan pembeli tidak bertransakasi secara langsung melainkan pembeli melihat label harga yang tercantum dalam barang (barcode), berada dalam bangunan dan pelayanannya dilakukan secara mandiri (swalayan) atau dilayani oleh pramuniaga. Barang-barang yang dijual, selain bahan makanan makanan seperti; buah, sayuran, daging; sebagian besar barang lainnya yang dijual adalah barang yang dapat bertahan lama. Contoh dari pasar modern adalah hypermart, pasar swalayan (supermarket), dan minimarket.

B.Pasar Menurut Luas Jangkauan

a) Pasar Daerah        

Pasar Daerah membeli dan menjual produk dalam satu daerah produk itu dihasilkan. Bisa juga dikatakan pasar daerah melayani permintaan dan penawaran dalam satu daerah.

b) Pasar Lokal

Pasar lokal adalah pasar yang membeli dan menjual produk dalam satu kota tempat produk itu dihasilkan. Bisa juga dikatakan pasar lokal melayani permintaan dan penawaran dalam satu kota.

c) Pasar Nasional

Pasar nasional adalah pasar yang membeli dan menjual produk dalam satu negara tempat produk itu dihasilkan. Bisa juga dikatakan pasar nasional melayani permintaan dan penjualan dari dalam negeri.

d) Pasar Internasional

Pasar internasional adalah pasar yang membeli dan menjual produk dari beberapa negara. Bisa juga dikatakan luas jangkauannya di seluruh dunia.

 

C. Pasar Menurut Wujud

a)Pasar Konkret

Pasar Konkret adalah tempat pertemuan antara penjual dan pembeli yang dilakukan secara langsung. Misalnya ada los-los, toko-toko dan lain-lain. Di pasar konkret, produk yang dijual dan dibeli juga dapat dilihat dengan kasat mata.

b)Pasar Abstrak

Pasar Abstrak adalah pasar yang lokasinya tidak dapat dilihat dengan kasat mata.konsumen dan produsen tidak bertemu secara langsung.  Barang yang diperjual n tidak dapat dilihat dengan kasat mata, tapi pada umumnya melalui brosur, rekomendasi dan lain-lain.

 

D.Pasar Menurut Waktu Penyelenggaraan

a)Pasar Harian

Pasar harian adalah pasar yang kegiatan jual belinya dilakukan tiap hari. Pasar harian ini umumnya terdapat di desa dan kota.

b)Pasar Mingguan

Pasar mingguan adalah pasar yang kegiatan jual belinya hanya satu kali dalam seminggu. Pasar mingguan ini terdapat di daerah-daerah pedesaan.

c)Pasar Bulanan

Pasar bulanan adalah pasar yang kegiatan jual belinya dilakukan setiap sebulan sekali.

 

E. Pasar menurut organisasi

a)pasar persaingan sempurna

b)pasar persaingan tidak sempurna

c)pasar monompoli dan monopsoni

d)pasar persaingan monopolistis

e)pasar oligopoli dan oligopsoni

 

F. pasar menurut barang yang dijual belikan

a)pasar barang konsumsi

b)pasar barang produksi

 

2.      Tujuan analisa dan riset pasar:

 

Tujuan analisis pasar , yaitu :

 

1)       Mengenal lingkungan pasar,

2)       Mengenal tipe-tipe pasar,

3)       Mengetahui karakteristik pasar,

4)       Menentukan keputusan yang tepat,

5)       Menghadapi para pesaing,

6)       Melaksanakan kebijakan dalam pemasaran,

7)       Membuat program dalam bidang pemasaran, dan

8)       Mengenal ciri-ciri pasar.

 

 

3.      Permasalahan di dalam ruang lingkup analisa dan riset pasar

 

Adapun permasalahan di dalam ruang lingkup analisis pasar antara lain, yaitu :

•         Barang dan jasa yang di pasarkan

Barang-barang dan jasa yang di produksi oleh perusahaan, berdasarkan analisis pasar yaitu:

a.       jenis dan sifat barang,

b.       kuantitas dan kualitas barang,

c.       warna dan ukuran barang,

d.       desain dan model barang,

e.       merek dan harga barang,

f.        barang-barang industri dan konsumsi.

 

•         Tujuan analisis

Tujuan mengadakan analisis pasar adalah ingin mengetahui siapa-siapa yang memakai, menggunakan barang dan jasa, apakah barang tersebut untuk di konsumsi sendiri atau di jual kembali.

•         Letak pasar, sifat dan karakteristik pasar

Seorang manajer pemasaran harus mengetahui tentang letak  pasar, berikut sifat dan karakteristik yang akan di tuju. Dalam hal ini, agar manajer memudahkan melaksanakan target market, market strategi dan segmentasi pasar.

•         Organisasi pembelian

Seorang manajer pemasaran harus mengetahui siapa yang membeli barang, siapa yang menggunakan barang, siapa yang paling berpengaruh di dalam pembelian barang dan lain sebagainya.

•         Kegiatan pembelian

Di dalam kegiatan pembelian, meliputi dari saiap pembelian barang di lakukan, di mana pembelian barang di lakukan, bilamana pembelian barang di lakukan, berapa harganya baranga, berapa banyaknya barang yang di beli, bagaiman persyaratan di dalamn pembelian barang, dan bagaimana cara pembeliannya.

•         Perkembangan pembelian

Di dalm analisis pasar, perusahaan harus mengetahui bagaimana perkembangan harganya barang, bagaimana persedianya barang, bagaimana keadaan persainganya, bagaimana keadaan permintaan dan penawarannya.

•         Saingan perusahaan

Di dalam analisis pasar, perusahaan harus mengetahui keadaan persainganya, apakah ada melakukan tindakanb mengejutkan atau adakah saingan yang tidak sehat.Pada kenyataanya jika hasil produk tidak sesuai dengan keinginan dan kebutuhan para konsumen, berarti perusahaan yang bersangkutan mengalami kegagalan di dalam usahanya. Barang-barang yang di hasilakn oleh perusahaan, bermanfaat dan berfungsi tidaknya di tentukan dan dim putuskan oleh para konsumen atau para pembeli. Berhasil tidaknya barang yang di buat oleh perusahaan, di tentukan oleh penilaian para konsumen atau para pembeli yang memebutuhkannya.

Suatu barang betapapun bermanfaat atau berguna, ada kemungkinan tidak akan di beli jika barang tersebut tifak di kenal oleh para konsumen. Oleh Karena itu perusahaan harus cepat mempromosikan barang-barang yang di buatnya agar dapat mempengaruhi para konsumen, serta agar dapat menciptakan permintaan. Berdasarkan analisis mrnggiatkan penjualan barang, cara terbaik memperkenalkan barang-barang yang di buat oleh perusahaan adalah melalui jalur promosi dan pelaksanaanya di mulai melalui pemasangan iklan, pemasangan iklan dapat di lakukan melalui surat kabar, majalah, TV, radio, pamerandan lain sebagainya. Dengan menggiatkan penbjualan barang melalui promosi, di harapkan perusahaan yang bersangkutan dapat meningkatkan penjualan harganya, serta dapat meningkatkan omzet penjualanya.

 

 

4.      Keuntungan melakukan analisa dan riset pasar

 

Keuntungan perusahaan melaksanakan analisis di dalam rangka menggiatkan penjualan barang-barangnya adalah sebagai berikut :

Perusahaan akan dapat meningkatkan omzet penjualan barangnya.

Perusahaan akan memperoleh keuntungan yang di harapkanya.

Perusahaan dapat meningkatkan produksinya.

Efisiensi modal perusahaan dapat di tingkatkan.

Piutang-piutang perusahaan waktunya dapat di perpendek.

Barang-barang perusahaan yang bersangkutan akan menjadi terkenal.

Hasil produksi perusahaan yang bersangkutan sangat di gemari konsumen.

Perusahaan akan mempertahankan kelangsungan hidupnya.

Tingkat frekuensi para konsumen atau para pembeli di dalam membeli suatu barang di tandai dengan sering tidaknya membeli barang dan tergantung kepada tingkat konsumsinya barang tersebut.

 

 

 

 

5.      Faktor yang mempengaruhi tingkat konsumsi dalam pembelian barang

 

faktor-faktor yang dapat mempengaruhi tingkat konsumsi dalam pembelian barang-barang adalah :

Faktor umur konsumen,

Faktor pendidikan konsumen,

Faktor selera konsumen,

Faktor pendapatan konsumen,

Faktor agama konsumen,

Faktor budaya konsumen,

Faktor banyaknya keluarga,

 

6.      Perencanaan Riset Pasar

Perencanaan riset pasar bertujuan untuk mendapatkan data atau informasi yang diperoleh dapat menghasilkan informasi yang sangat berguna bagi perusahaan untuk mendapatkan keuntungan. Data atau informasi diharapkan mendapatkan data yang faktual, aktual, cermat, berguna dan tepat sasaran.

Enam (6) tahapan dari perencanaan riset pasar tyang harus dilalui oleh para periset adalah:

1.      Merumuskan masalah dan tujuan dari riset pasar

2.      Menyusun rencana biaya riset

3.      Mengumpulkan informasi

a)      Data primer

b)      Data sekunder

4.      Menganalisis informasi

5.      Menyajikan hasil riset

6.      Megambil keputusan

 

 

 

 

BAB III

a)      Kesimpulan

Analisa riset pasar adalah suatu rancangan, pengumpulan, analisis da pelaporan data dan temuan secara sistematis, yang relevan dengan situasi pemasaran tertentu (jenis-jenis pasar) yang dihadapi para pemasar atau perusahaan dengan menyajikan data hasil riset dengan maksud untuk dasar pengambilan keputusan pemasaran. Analisa dan riset pasar sangat diperlukan oleh para pengusaha di bidang marketing.

 

b)      Saran

Sebaiknya saat melakukan analisa dan riset pasar, kita terlebih dahulu menentukan tema apa yang akan kita ambil.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar